Menghimpun data dunia lewat mata Larry Page

Dunia ini terdiri dari ratusan teriliyun informasi yang tersebar di sekitar kita. kita sebagai manusia, bertugas untuk menghimpun inf...

biografilarry page



Dunia ini terdiri dari ratusan teriliyun informasi yang tersebar di sekitar kita. kita sebagai manusia, bertugas untuk menghimpun informasi tersebut, yang kecil-kecil menjadi satu, menjadi satu kesatuan informasi yang besar dan utuh. Namun untuk mengumpulkan informasi tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para manusia, bagaimana caranya agar satu informasi yang berada di sudut bumi yang lain bisa tersampaikan dengan mudah, murah dan cepat ke manusia di belahan bumi yang lainnya.

Pada awalnya kita mencoba untuk mengingat segala informasi yang ada dan menyebarkannya secara turun termurun. namun, ingatan manusia sifatnya tidak kekal dan dapat berubah sesuai dengan tafsiran orang yang mendengarkannya. pada akhirnya sekedar mengingat saja dikatakan tidak cukup untuk menyimpan informasi dunia yang sangat luas ini.

Kemudian ditemukanlah tulisan, orang orang mulai menulis dan ilmu-ilmu mulai dapat disampaikan dengan lebih baik. namun, tulisan juga mempunyai kekurangan. tulisan di selembar kertas cuma bisa dinikmati oleh sebagian kecil orang saja. tulisan diatas kertas mungkin bisa dikirim melalui pos, namun tetap saja akan memakan waktu yang sangat lama, dan cuma bisa dibaca oleh orang yang memang mengetahui informasi tersebut. tidak semua orang di dunia bisa mengetahui tentang ilmu dalam selembar kertas tersebut. kita butuh yang lebih cepat dan menjangkau orang banyak.

Kemudian munculah komputer dan segala kecanggihannya yang berpotensi untuk menyebarkan informasi dengan lebih baik tanpa pilih orang. muncul juga mesin pencari seperti Yahoo. namun, mesin pencari seperti Yahoo hanya bertugas mencari saja, tidak mengurutkan berdasarkan popularitas suatu tulisan sehingga kemungkinan yang keluar pertama adalah informasi yang tidak terlalu bermanfaat buat pembacanya. pada akhirnya muncul pertanyaan, bagaimana caranya agar informasi yang keluar dari mesin pencari menjadi informasi yang paling berguna buat pembacanya?

Setidaknya itulah kerangka berpikir awal yang difikirkan oleh orang ini. dia berpikir dalam skala global. bagaimana caranya beliau bisa menghimpun data di seluruh bumi agar bisa dipakai oleh siapapun dan dimanapun serta mendapatkan informasi paling bermanfaat dan paling cepat? dari situlah, kita akhirnya mengenal Google, sebuah mesin pencari untuk informasi di seluruh dunia, yang mengantarkan kita pada era seperti sekarang ini, yang informasi bisa kita dapatkan dengan sangat mudah sekali.

Introducing : Aku dan Larry Page
Butuh  waktu lama bagiku untuk memutuskan siapa tokoh IT yang paling pantas untuk kuulas di blog ini. sebenarnya sudah ada beberapa nama yang muncul di otakku dan bahkan aku sudah mulai membuat paragraf pertama untuk mengenalkan orang tersebut, namun saat mencari biografinya di internet, aku tidak merasakan adanya suatu hal yang bisa aku ambil pelajaran dari kisah hidupnya sehingga artikel yang sudah aku tulis setengah akhirnya aku hapus.




Aku sudah hampir menyerah sampai kemudian aku membuka alamat google.com. lalu terpikir sendiri olehku, kenapa tidak mencoba pendiri google? lalu aku langsung mencari biografi dari pendiri google ini dan membaca kisah hidupnya. aku sangat tertarik. bukan pada kenyataan bahwa beliau telah menjadi orang terkaya di dunia ataupun beliau merupakan orang yang sukses. tapi suatu kisah hidup yang sangat manusiawi-bahwa dia, seorang terkaya di dunia juga punya kekurangan. dia membuat kesalahan tapi dia memperbaiki kesalahan tersebut dan dia yang tadinya tidak dipercayai oleh timnya memperoleh kembali kepercayaan mereka dan dia belajar dari kesalahannya tersebut. jadi, orang yang aku ulas disini memang seorang yang ambisius dan arogan pada awalnya, namun dia berubah untuk kemudian menjadi seseorang yang lebih baik lagi. its okay to make a mistake, tapi kamu harus selalu belajar dari kesalahan tersebut. 

Aku ingin mengawali kisah larry page dengan kata : Ambisius. ya, Larry Page memang seorang yang sangat ambisius. dia dilahirkan dari kedua orang tua yang akademisi komputer sehingga tidak heran kalau kecintaannya pada dunia teknologi dan sains sudah berkembang sejak ia kecil. maka dari sejak ia kecil iapun sudah banyak membaca majalah teknologi dan ilmu pengetahuan dan itu pulalah yang membuat ia akhirnya menjadi sangat tertarik dengan dunia komputer.

Pada umur 12 tahun, dia membaca sebuah riwayat hidup tentang seorang jenius, Nikola Tesla, yang masa akhir hidupnya sangat memprihatinkan, dan membuat suatu gagasan baru di dalam pikiran Larry bahwa membayangkan sebuah inovasi teknologi di masa depan itu saja tidak cukup. ide tersebut harus direalisasikan dan dikomersialisasikan. jika dia ingin menjadi seorang penemu, maka ia harus mempunyai sebuah perusahaan yang sukses pula. 

Google dimulai dari saat Larry Page berkuliah untuk mendapatkan gelarr masternya di Stanford University. di daat tersebut iabertemu dengan Sergey Brin, yang awalnya menjadi temannya berselisih di setiap hari. dalam suatu wawancara bahkan Larry mengatakan bahwa dia hampir saja tidak ingin berteman dengan Sergey karen topik yang mereka ceritakan selalu tidak cocok dan pola pikir mereka berbeda.

Keduanya mulai merasa punya ketertarikan yang sama saat proyek penelitian universitas mereka,
Mesin pencari masih seperti Yahoo Altavista dan lain-lain. mesin pencari tampaknya sama bergunanya. namun, Page dan Brin melihat halaman-halaman mesin pencari tersebut membentuk hyperlink-hyperlink sebuah sistem peringkat informal raksasa yang membawa para pengguna ke halaman-halaman berguna. akhirnya mereka menemukan topik yang menarik bagi keduanya, yaitu gudang informasi data.
larry page quote

Kemudian mereka menemukan gagasan baru bahwa website paling populer adalah website yang paling berguna, jadi mereka mulai membuat sebuah mesin pencari dengan mengurutkan website berdasarkan popularitasnya. Mesin pencari ini pada awalnya mereka jual kepada Altavista, Excite, dan Yahoo, namun sayangnya ditolak. pada akhirnya mereka mencoba mengembangkan sendiri mesin pencari ini walau dengan dana yang terbatas.

Dengan dana yang terbatas Page dan Brin harus memutar otak. Page menemukan cara membangun server-server komputer dengan menggunakan barang-barang bekas yang tak terpakai dan mudah didapatkan, dan bukannya membeli mesin-mesin buatan khusus yang dijual perusahaan komputer dengan harga ratusan ribu dollar. Page dan Brin membangun pusat data pertama mereka di kamar asrama Page dari suku cadang PC murah dan 15 ribu dollar yang dipinjam melalui credit card.

Keduanya mulai mencari Investor untuk mengembangkan kecanggihan teknologi mesin pencari mereka. Sehingga, mereka mendapatkan suntikan dana dari Andy Bechtolsheim teman kampus sekaligus pendiri Sun Microsystem. Sebuah cek senilai 100 ribu dolar AS, yang uniknya di cek itu tertulis atas nama Google yang bahkan pada saat itu belum didirikan oleh Sergey dan Larry.

Lalu, melihat ide cemerlang dari duo sahabat ini. Investor di Silicon Valley, Michael Moritz (Sequa Capital) dan Jhon Doer (Kleiner Perkins) yang saling berkompetisi akhirnya bisa diyakinkan untuk menyuntik modal senilai 12,5 juta dolar AS ke perusahaan Google yang pada 7 Desember 1998 ini didirikan.

Akhirnya Perusahaan Google diluncurkan pada September 1998 di Menlo Park, California. Perusahaan tumbuh begitu cepat dan mendapatkan begitu banyak karyawan beberapa kantor di Relokasi karena kurangnya ruang, akhirnya Google Inc menetap di tempat yang sekarang di sebut Mountain View, California.

Karakter Larry Page
Menarik untuk mengetahui dibaik keberhasilan Larry Page yang sekarang, ia adalah seorang Introvert yang bahkan saat presentasi lebih memilih untuk menatap sudut dinding yang kosong daripada memandang mata lawan bicaranya. ini membuat sebuah konklusi kalau seorang sukses tidak harus seorang yang ekstrovert dan ekspresif. siapa saja bisa sukses asal mampu menjelaskan gagasannya dengan baik.

Pada bagian awal tulisan ini juga sudah dijelaskan, bahwa Larry Page pernah membuat kesalahan. kesalahan yang dia buat adalah dia ingin memecat para manajer dalam proyek google dan jelas dia ditentang oleh timnya. ini karena keambisiusannya juga sehingga ia mencurigasi para manajer ketika dia mempunyai proyek untuk mengumpulkan seluruh buku di dunia dan membuatnya bisa dibaca secara online namun seolah tidak ada yang mengerjakannya sehingga Larry menyalahkan para manajer untuk itu. Larry pada awal pendirian google benar-benar seseorang yang ingin mengatur semuanya sendiri.

Selain seorang yang perfeksionis, dia juga seorang yang sangat tepat waktu sehingga dia selalu ingin semuanya berjalan sesuai dengan waktu yang ia tentukan. pernah sekali saat aplikasi yang sedang masa pendemoan waktunya melebihi dari yang ditentukan ia langsung mengatakan "satu seperseribu, dua seperseribu" sehingga membuat orang lain merasa tidak nyaman.

Satu kekurangan paling besar dari Larry adalah kurangnya sopan santun dirinya dalam berkomunikasi. ini juga berhubungan dengan karakternya yang introvert jadi dia lebih banyak memilih waktu untuk sendiri dan tidak ingin terlalu banyak bersosialisasi karena ia membenci untuk berjumpa dengan orang banyak.

Apa yang dapat kita pelajari dari Larry Page?
Larry Page memang punya kekurangan, tapi tentu dia juga punya faktor tertentu yang membuat ia bisa menjadi seperti sekarang ini. dan faktor X yang dimiliki oleh Larry Page Adalah :

1. Dia merupakan orang yang tepat waktu
Dia merupakan orang yang sangat tepat waktu serta juga menghargai waktu yang dia miliki. jadi, ia selalu memaksimalkan setiap detik waku yang dia punya. dengan pemaksimalan waktu yang seperti itu tentu saja tidak mengherankan kalau dia akhirnya menjadi sukses

2. Dia orang yang berusaha di atas rata-rata (Going the extra miles) untuk mencapai mimpinya
Larry Page sungguh berusaha dengan keras untuk mewujudkan mimpinya. iya mempunyai mimpi yang besar dan tentu saja tidak diam saja. dia tau langkah-langkah apa yang harus dia lakukan untuk mewujudkan mimpinya tersebut, dan tau orang seperti apa yang bisa ia mintai bantuan untuk mewujudkan mimpinya. 

3. Dia memikirkan hal-hal yang tidak dipikirkan orang lain
Larry memang seorang yang jenius, kita semua setuju dengan hal itu, tapi apa yang dimiliki Larry yang tidak dimiliki oleh orang jenius lainnya adalah dia memikirkan sesuatu dalam skala global yang sangat bermanfaat untuk orang-orang di seluruh dunia. tentu tidak semua orang jenius ingin repot-repot memikirkan sesuatu hal yang dapat bermanfaat untuk hidup orang banyak

4. Segala Sesuatu dikerjakannya dengan sebaik-baiknya
Larry Page selalu ingin hasil maksimal dalam setiap pekerjaan yang ia lakukan. sebenarnya ini juga yang awalnya emmbuat dia mempunyai masalah dengan karyawannya, karena dia selalu ingin segala sesuatu berlangsung dengan sempurna. tapi seiring waktu berjalan toh akhirnya dia kembali lagi pada perusahaan tersebut karena semua orang sadar bahwa terkadang sikap yang dimiliki oleh Larry Page tersebut penting untuk sebuah organisasi dalam rangka memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik dan usaha yang dikeluarkan sudah maksimal.

5. Mau belajar dari kesalahan
Sebelumnya dijelaskan bahwa Larry Page sempat tidak diterima oleh karyawannya karena sifatnya yang ingin segala sesuatunya berlangsung sempurna dan tidak ingin tahu apapun tentang keadaan emosional timnya. namun, setelah sempat menjauh dari perusahaannya dan merenungi hidupnya Larry akhirnya sadar bahwa ia salah dan akhirnya dia berusaha menjadi rang yang lebih baik dan terbuka. hasilnya? google menjadi perusahaan yang paling menyenangkan di dunia dengan fasilitas dan peraturan yang memanjakan karyawannya sehingga karyawannya dapat terus memaksimalkan produktivitasnya di dalam perusahaan tersebut
larry page quote

6. Bersemangat dengan segala sesuatu yang dikerjakannya 
Tidak pernah ada kata menyerah dalam kamus Larry Page. seaneh dan seabsurd apapun mimpinya ia tetap berusaha untuk mewujudkan mimpinya tersebut. termasuk ketika ia bermimpi agar pada suatu saat nanti setiap orang dapat membalik buku tanpa tangan manusia dan menyebarkannya ke seluruh dunia sehingga setiap orang bisa menggunakannya, lalu ketika karyawannya sempat tidak melakukan pekerjaan tersebut, ia sempat marah. tapi kemudian masalah terselesaikan dan munculah sesuatu yang kita kenal sebagai Google books, dimana kita dapat membaca buku di belahan dunia manapun dengan akses yang mudah.

7. Tidak menyerah pada kekurangan
Larry Page punya kekurangan yang krusial, yaitu dia seseorang yang Introvert dan tidak suka bertemu dengan orang banyak. pernah di suatu acara dia marah karena banyak sekali orang yang mewawwancarainya. namun kekurangan tersebut tidak membuat dia langsung menyerah dengan mimpinya. pada akhirnya dia mencari solusi sendiri untuk memecahkan hal tersebut. lalu, ia memperkerjakan orang lain yang dapat berinteraksi dengan orang banyak sebagai juru bicaranya. dan seteah itu dia dapat lebih tenang dan fokus kembali dalam mewujudkan mimpinya.

8. Fokus pada tujuannya
Larry adalah seseorang yang selalu fokus untuk mewujudkan mimpinya. dia fokus mengerjakan satu hal lalu setelah hal tersebut selesai barulah ia pergi ke tempat lainnya untuk mewujudkan mimpinya yang lain. fokus merupakan salah satu cara untuk mewujudkan mimpi, karena pekerjaan yang dikerjakan setengah setengah hanya akan menghasilkan hasil yang setengah setengah juga.

Cara Menjadi seperti Larry
Larry tidak mendapatkan kesuksesannya secara instan. pada dasarnya memang dia sudah pintar namun dia tidak begitu saja puas dengan apa yang sudah dia dapat. dia tetap berusaha diatas rata-rata, terus memacu dirinya untuk mencapai impian yang dia maksud. dan tentunya belajar untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. kita semua dapat menjadi seperti Larry, asalkan kita dapat melakukan hal yang tepat dalam menyusun rencana sukses kita.

Salah satu komponen terpenting dalam kesuksesan Larry adalah dia menguasai dan memahami teknologi dan mampu membuat suatu program. dia dapat menciptakan sesuatu dari teknologi tersebut. bukan hanya larry, kita juga dapat menguasai teknologi asal kita mau mempelajarinya. namun kendalanya adalah mempelajari programing dan komputer secara otodidak akan mengambil waktu yang sangat lama dan tidak efisien. belum lagi belajar sendiri yang membuat kita cepat bosan dan mungkin ingin menyerah. Namun masih ada cara lain, yaitu mengikuti kursus. salah satu kursus singkat yang dapat kamu ikuti untuk mendapatkan hasil yang maksimal adalah di Dumet School.Di dumet school kita bisa mempelajari programming langsung dari ahlinya.


Kursus Programing di Dumet School
DUMET School adalah lembaga kursus yang bergerak di bidang pendidikan khususnya kursus website, digital marketing, dan desain grafis. Sampai saat ini DUMET School sudah memiliki lulusan lebih dari 5000 orang dari berbagai status dan profesi mulai dari pelajar sekolah, mahasiswa, guru, dosen, staff profesional, freelancer, dll. Mereka tidak hanya yang tinggal di Jakarta saja namun banyak juga yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

DUMET School membuka cabang pertamanya pada tahun 2013. Sampai dengan tahun 2017 ini, DUMET School memiliki 5 cabang yang berlokasi di Kelapa Gading, Grogol, Tebet, Srengseng, dan Depok.

kelebihan belajar di dumet school


Berapa harga kursus di Dumet School?


MATERI DAN FITUR
PREMIUM
PRO
ULTIMATE
HTML & CSS
Mendesain layout / tampilan website.
Bootstrap
Membuat website yang responsive
jQuery Plugin
Menambahkan animasi di website
PHP & MySQL
Membuat program / fitur di website.
Photoshop
Mendesain logo, banner, edit foto, mengolah gambar dll.
X
Javascript & jQuery
Membuat website yg interaktif.
X
X
Object-oriented programming (OOP)
Pemrograman PHP tingkat lanjut.
X
X
PHP Framework
Membuat sistem e-commerce.
X
X
Ujian Sertifikasi Internasional
Adobe Certified Associate (ACA).
Estimasi selesai kursus
Jatah waktu kursus seumur hidup dan sampai bisa.
2 BULAN
3 BULAN
5 BULAN
Harga
Bisa debit, credit, transfer bank, dan cicilan.
7,6 JUTA
8,9 JUTA
14,9 JUTA




dumet school


Terakhir, aku ingin memberikan satu kata inspiratif dari rekan Larry Page, Sergey Brin, yang akan membuat kamu lebih bersemangat untuk bangun esok pagi :



Larry Page


sumber :
https://www.biography.com/people/larry-page-12103347
https://www.thefamouspeople.com/profiles/larry-page-3344.php
http://www.reopan.com/kisah-sukses-pendiri-google-larry-page/
http://www.sepositif.com/2017/01/kisah-inspiratif-pendiri-google-inc-larry-page-dan-sergey-brin.html
https://www.finansialku.com/larry-page-kesuksesan-google/
https://id.techinasia.com/kebiasaan-larry-page-pemimpin-google
https://id.wikipedia.org/wiki/Larry_Page

You Might Also Like

0 comments

Flickr Images